Spesifikasi Terbaru Nissan GTR-R35

Niotolovo - Nissan GT-R memiliki sejarah panjang di dunia. Pada 1969, Skyline bermesin 2.000 cc menjadi Nissan pertama yang menggunakan emblem GT-R. Model coupe menyusul pada 1971 dan model pengganti dengan jumlah 197 unit muncul di 1973. Skyline berlabel GT-R kembali muncul pada 1990 dengan twin turbocharger. Lalu versi R33 di 1994 dan R34 di 1999. Kini konsumen berkantung tebal yang juga penyuka kecepatan di Tanah Air kemungkinan besar akan senang jika Nissan Indonesia jadi memasarkan GT-R R35.

Di Indonesia International Motor Show 2012, Nissan pun memajang GT-R R35 versi minor change untuk menjajaki masa depan pemasaran mobil bertenaga monster ini di Indonesia. Tak banyak perbedaan tampilan antara R35 minor change ini dengan model yang kami tes di sirkuit Estoril, Portugal beberapa bulan setelah peluncuran pertamanya.

Namun secara tenaga, mesin 3.800 cc V6 twin turbocharger di GT-R R35 ini mengalami kenaikan 15 dk menjadi 545 dk dan torsi maksimum 632 Nm pada 3.200-5.800 rpm. Hal ini ditujukan untuk menghadapi beberapa sport car dari merek lain yang baru muncul. Pengembangan lainnya mencakup pembenahan suspensi untuk performa manuver makin mengesan­kan. Padahal sebelumnya, kemampuan mobil ini sudah mengagumkan melahap cepat semua tikungan di sirkuit Estoril. Pembenahan juga dilakukan pada transmisi 6-speed dual clucth-nya, agar perpindahan makin mulus dan senyap tapi de­ngan proses perpindahan gigi yang sama cepatnya. Sehingga lebih nyaman digunakan untuk sehari-hari.


Dengan menggunakan sistem penggerak all wheel drive, performa akselerasi 0-100 km/jam yang diklaim bisa diselesaikan lebih cepat dari model sebelumnya, yakni 3 detik. Pembenahan itu juga berimbas pada konsumsi BBM-nya yang lebih baik dengan klaim 5,71 km/liter untuk rute dalam kota dan 8,2 km/liter untuk rute bebas hambatan.

Sedangkan sistem safety, GT-R R35 telah dilengkapi rem ABS, kontrol kestabilan dan kontrol traksi sebagai standar. Lalu ada dual airbag dan airbag tirai. Sementara layar monitor di dasbor dengan interface buatan Polyphony Digital, tetap menampilkan beberapa data performa mobil yang unik seperti G-force saat menikung, putaran setir, posisi gigi dan waktu tiap putaran di sirkuit. Selain itu, kini semua varian GT-R telah dilengkapi kamera mundur.

PT Nissan Motor Indonesia berencana memasarkan GT-R R35 ini di awal tahun depan. Bisa jadi dengan nama besarnya di dunia, mobil ini menjadi salah satu yang didambakan konsumen lokal. Meski pa­sar yang dimasukkinya niche, tapi diprediksi ia akan laris manis.

Sumber: m.autobild.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spesifikasi Terbaru Nissan GTR-R35"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...