Mengelola Keuangan Khusus Buat Pengantin Baru

Sebelum anda menikah tentunya gaya hidup anda tidak terbatas terserah anda anda memiliki uang terserah mau di belanjakan kemana tetapi apakah itu akan terus menerus demikian? Tentunya tidak karena anda akan menikah. Seperti apa yang niotolovo blog's berikan pada kesempatan ini. Anda tahu beberapa orang mengaku bahwa mengatur keuangan memang hal yang cukup sulit untuk dilakukan, tak terkecuali bagi pengantin baru. Walaupun sudah diatur sedemikian rupa, namun terkadang tetap saja merasa kalau pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Hal tersebut mungkin akan dialami juga oleh pasangan yang baru menikah alias pengantin baru. Kurangnya pengalaman seringkali menjadi kendala dalam mengatur keuangan rumah tangga. Bagi Anda yang pengantin baru, apakah merasakan hal yang seperti itu?

Jika iya, maka Anda bisa menyimak beberapa tips agar keuangan rumah tangga bisa diatur dengan baik. Dilansir dari Ehow.com, berikut cara mengelola keuangan untuk pengantin baru:

1. Membuat catatan pengeluaran
Anda bisa menulis hal-hal apa saja yang telah dibeli selama satu bulan ini. Lalu, pada akhir bulan Anda bisa merekap catatan tersebut. Dengan adanya catatan tersebut, Anda dan pasangan jadi bisa intropeksi diri dan mengetahui hal-hal apa saja yang melampaui budget. Jadikan catatan ini seperti jurnal pribadi.

2. Bijak mengeluarkan uang
Anda merasa pendapatan lebih kecil daripada pengeluaran? Jika iya, maka kini saatnya memangkas pengeluaran dengan memilih skala prioritas. Pakai uang untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan rumah tangga. Selain itu, Anda juga harus hemat. Misalnya, setiap satu minggu sekali Anda dan pasangan selalu makan malam di restoran mewah. Untuk menghemat pengeluaran, Anda harus melakukan hal tersebut satu kali dalam sebulan saja.

3. Memakai metode amplop
Jika Anda takut uang yang dimiliki akan habis begitu saja, maka coba gunakan amplop untuk menyimpannya. Tulis kegunaan uang pada amplop. Misalnya, untuk belanja bulanan, membayar listrik, membayar air, dan lain sebagainya. Pisahkan setiap amplop sehingga pengeluaran bisa diatur dengan baik.

4. Mengubah gaya hidup
Pada saat sebelum menikah, mugkin Anda bisa nge-gym di tempat mewah, melakukan facial dua minggu sekali, dan melakukan perawatan tubuh lainnya di tempat mewah. Namun, kurangi untuk melakukan hal tersebut demi keuangan rumah tangga. Anda bisa mengganti cara tersebut dengan cara yang lebih hemat. Misalnya, jogging di sekitar perumahan bersama pasangan, menonton DVD di rumah, dan melakukan cara hemat lainnya.

Itulah cara mengelola keuangan keluarga untuk pengantin baru. Jika keuangan rumah tangga bisa dikelola dengan baik, maka uang yang tersisa bisa Anda pergunakan untuk investasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengelola Keuangan Khusus Buat Pengantin Baru"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...