Hal yang Dilakukan Jika Sahabat Sering Meminjam Uang

Uang adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling utama karena dengan adanya uang apa saja dapat anda miliki dan untuk memilikinya tentunya anda harus bekerja yang menjadi pembahasan niotolovo blog's pada kesempatan ini ialah bagaimana jika anda sudah memiliki cukup uang dan tiba-tiba ada sahabat anda yang meminjam uang terhadap anda bagaimana tindakan anda? Apa yang anda harus lakukan?

Yang namanya sahabat tentunya anda akan selalu saling membantu disaat susah apalagi disaat senang. Bahkan sahabat memberikan bantuan tanpa pamrih sedikitpun dan tanpa meminta imbalan apapun karena hanya dengan sahabat inilah anda bisa berbagi. Bahkan ada juga seorang sahabat sudah dianggap sebagai keluarga hingga memiliki posisi yang melebihi dari anggota keluarga yang sebenarnya. Karena hanya dengan sahabat inilah anda dapat berbagi cerita, berbagai keluh kesah, berbagai kebahagiaan dan berbagai semua cerita yang lebih dari sekedar rahasia. Tapi terkadang hidup tidak berjalan mulus selamanya, pasti ada kerikil kerikil yang menghalangianya bahkan kerikil tersebut merupakan kerikil tajam.

Ada pula sahabat yang menjadi benalu artinya hanya dapat menjadi sosok yang merugikan saja bagi anda. Salah satunya adalah sahabat yang suka meminjam uang. Syukur syukur kalau posisinya anda sedang ada uang dan sahabat anda hanya meminjam beberapa hari saja tapi bagaimana kalau anda hanya memiliki uang tabungan saja dan sahabat anda sering meminjam uang kepada anda. Pasti anda akan jadi bingung dibuatnya, maka dari itu anda harus menyelidiki dulu modus peminjaman uang sahabat anda agar enak di anda dan enak juga di sahabat anda. Caranya adalah :

Cari Alasan Sabahat Anda Pinjam Uang
Sebelum anda meminjaman uang yang jumlah sangat besar kepada sahabat anda, cari tahu dulu alasannya apakah memang mendesak keluarganya sakit, mendesak terena musibah atau apapun itu. Tapi konfirmasikan dulu kepada keluarganya apakah benar atau tidak, kalau benar apa salahnya sih anda membantu.

Pastikan Waktu Mengembalikannya
Walaupun sahabat, ketika berbicara masalah uang apalagi jumlahnya sangat besar maka akan menjadi hal yang sensitif. Maka dari itu, biar anda enak dan tidak perlu menagih secara tiba tiba, pastikanlah waktu pengembalikan uang dengan menetapkan tanggal. Karena ada juga sebagian orang yang meminjam uang yang jumlahnya besar dan dibayar dengan cara dicicil.

Cek Tabungan
Sebelum anda meminjaman dalam jumlah tertentu, pastikan tabungan anda masih tersisi dengan jumlah keuangan darurat. Karena akan tidak lucu kalau anda membantu, tapi pada saat anda membutuhkan uang, anda malah kelimpungan mencari uang karena uang anda habis dipinjamkan.

Jangan Pamer
Alasan orang meminjam uang kepada anda salah satunya adalah karena anda sering memamerkan berbagai hal yang membuat orang berpersepsi kalau anda memiliki banyak uang. Maka dari itu, hindari pamer gadget terbaru, pamer fashion dan aksesoris mahal apalagi pamer jumlah tabungan. Karena hal ini akan memicu orang lain untuk memprioritaskan anda untuk dijadikan tempat peminjaman uang.

Kalau Sering, Anda Dapat Menolak
Meminjamkan uang sekali atau dua kali untuk kebutuhan sahabat yang mendesak, memang harus anda lakukan, namanya juga bersahabat. Tapi jika peminjaman uang yang dilakukan sahabat anda kepada anda sering apalagi dalam jumlah banyak dan untuk kebutuhan yang tidak jelas, anda dapat menolaknya bahkan dengan tegas. Jangan memanjakan sahabat anda dengan meminjamkannya uang karena hal tersebut akan berakibat buruk untuk persahabatan anda.

Apapun yang menjadi keputusan anda, diharapakan merupakan hal yang sangat berarti untuk persahabatan anda. Jangan sampai apa yang menjadi keuptusan saat ini, justru akan menjadi bumerang dikemudian hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal yang Dilakukan Jika Sahabat Sering Meminjam Uang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...