Manajemen Keuangan Sangat Penting Buat Toko Online

Apakah anda sedang menjalani bisnis toko online? jika ia berarti anda juga perlu membuat transaksi keuangan usaha. bukan saja orang yang menjalani bisnis konvensional toko online pun juga membutuhkan perencanaan, pengelolaan dan pengontrolan seluruh transaksi keuangan usaha. Banyak yang bilang merintis bisnis toko online tak serepot ketika kita membangun bisnis konvensional. Pernyataan ini mungkin benar jika dilihat dari besarnya modal usaha yang dikeluarkan para pelaku usaha.

Seperti kita ketahui bersama bahwa modal untuk merintis bisnis toko online tak sebesar modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun bisnis konvensional. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan disini adalah kedua bisnis tersebut sama-sama membutuhkan perencanaan atau manajemen keuangan yang tepat agar bisnisnya bisa berjalan dengan seimbang.

Tak jauh berbeda dengan manajemen keuangan di bisnis konvensional, ketika menjalankan bisnis toko online Anda juga membutuhkan perencanaan, pengelolaan dan pengontrolan seluruh transaksi keuangan yang ada di toko online Anda. Meskipun seluruh aktivitas transaksi dilakukan secara online ataupun transfer via bank, bukan berarti bisnis toko online tak membutuhkan peran manajemen keuangan.

Sedikitnya ada lima alasan mengapa bisnis toko online perlu manajemen keuangan.

Pertama, memperkirakan besarnya modal usaha. Disini peran manajemen keuangan dibutuhkan untuk membuat perencanaan dana yang dibutuhkan dalam merintis bisnis toko online. Contohnya saja seperti besarnya dana yang diperlukan untuk membeli domain, sewa hosting, serta biaya operasional dan biaya tetap lainnya yang dikeluarkan setiap bulannya.

Kedua, membantu memetakan dana sesuai dengan kebutuhannya. Setiap kegiatan usaha tentu membutuhkan dana yang berbeda-beda, karenanya dengan adanya manajemen keuangan ini bisa membantu para pebisnis online untuk memetakan dana usaha sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi. Contohnya saja seperti biaya perawatan website, biaya pemasaran, biaya operasional, dan lain sebagainya.

Ketiga, manajemen keuangan sangat membantu para pemilik bisnis toko online untuk mengetahui keluar masuk uang. Mengingat seluruh transaksi dilakukan via online, maka manajemen keuangan cukup membantu pebisnis online untuk memantau arus kas setiap harinya sehingga setiap transaksi keuangan usaha bisa tercatat dengan rapi.

Keempat, manajemen keuangan menjadi alat pengontrol bagi bisnis toko online Anda. Banyak pelaku bisnis toko online yang merasa mendapatkan banyak orderan namun laba usahanya selalu habis tak bersisa. Masalah ini bisa Anda hindari apabila bisnis toko online Anda memperhatikan sistem manajemen keuangan dengan baik.

Kelima, manajemen keuangan yang baik tak hanya menghindarkan pebisnis toko online dari kerugian, namun juga mendorong para pelaku bisnis toko online untuk mulai menyisihkan sebagian laba usahanya untuk rencana pengembangan usaha.

Ingat, sukses tidaknya bisnis toko online yang Anda jalankan dipengaruhi oleh kondisi keuangan perusahaan Anda. Salam sukses!

Sumber: bisnisukm.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Keuangan Sangat Penting Buat Toko Online"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...