Kejiwaan Anda Bisa Diukur dari Postingan Foto Instagram

Kejiwaan Anda Bisa Diukur dari Postingan Foto Instagram

MEDSOS - Sekarang jamannya media sosial menjadi tempat berekspresi, mencurahkan isi hati, dan melontarkan opini. Namun banyak yang tidak sadar jika ternayata kejiwaan Anda bisa saja di ketahui oleh banyak orang melalui kata-kata, emoji, bahkan postingan foto yang Anda bagikan.

Firma penelitian EPJ Data Science menemukan bahwa postingan seseorang di media sosial Instagram bisa memprediksi apakah seseorang mengalami depresi. Sekitar kurang lebih 166 akun Instagram dilibatkan dalam penelitiannya.

Dari 43.950 total foto yang dihimpun, ada pola-pola yang tertangkap algoritma untuk memprediksi tingkat depresi seseorang. Menurut peneliti, algoritma bisa jadi lebih cerdas daripada dokter untuk memprediksi kondisi mental.


Lantas, seperti apa postingan Instagram dari orang yang berpotensi atau telah mengalami depresi? Menurut hasil penelitian, foto-foto Instagram dengan tone warna kebiru-biruan, gelap, dan cenderung abu-abu, menggambarkan kondisi pikiran dan energi negatif.

Jika Anda memiliki teman yang gemar membagi foto dengan tone warna demikian, sebaiknya sediakan lebih banyak waktu untuk menemaninya dan mengobrol dengannya.

Selain itu, orang yang cenderung depresi tak terlalu suka membubuhi foto-foto Instagram dengan filter yang ruwet. Jika pakai filter, jenis “Inkwell” di aplikasi Instagram akan jadi favorit mereka karena hanya berupa hitam-putih alias black and white.

Sementara itu, bagi yang kondisi mentalnya sehat, cenderung suka mematrikan filter yang membuat foto tampak lebih cerah atau bersinar. Jenis filter “Valencia” di aplikasi Instagram biasanya menjadi pilihan.


Terlepas dari sinyal-sinyal tersebut, tim peneliti memiliki catatan penting. Jenis postingan seseorang di Instagram memang bisa dijadikan indikator awal untuk mengidentifikasi kesehatan mental orang. Namun, diagnosa selanjutnya tetap harus melalui uji medis yang kompleks.

Sumber tekno.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kejiwaan Anda Bisa Diukur dari Postingan Foto Instagram"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...